Jasa Pendirian Legalitas

pendirian badan usaha

Pengertian dari Badan Usaha

Pendirian Badan UsahaBadan Usaha merupakan kesatuan yuridis atau hukum, teknis, dan ekonomis yang memiliki tujuan untuk mencari keuntungan atau laba. Badan usaha sering kali disamakan dengan perusahaan meskipun pada kenyataannya sangat berbeda. Perbedaan utamanya yaitu, badan usaha adalah sebuah lembaga sedangkan perusahaan merupakan tempat dimana badan usaha untuk mengelola faktor-faktor produksi.

Tujuan Pendirian Badan Usaha

Di Indonesia, badan usaha dibangun bertujuan untuk melakukan suatu kegiatan usaha atau bisnis. Dengan hadirnya badan usaha, maka suatu kegiatan usaha atau bisnis dan roda perekonomian negara bisa terus berjalan dan memberikan income atau keuntungan yang sebesar – besarnya untuk masyarakat. Badan usaha yang telah didirikan bisa memiliki jenis – jenis yang berbeda, tergantung tujuan dari badan usaha itu sendiri. Lain dari pada itu, pendirian badan usaha harus memenuhi prosedur yang wajib dilakukan oleh pemilik badan usaha tesebut. Dibawah ini merupakan penjelasan dari jenis – jenis suatu badan usaha, dokumen yang wajib di lengkapi pada saar mendirikan suatu badan usaha, dan proses pendirian dari badan usaha.

Syarat Pendirian Badan Usaha

Untuk bisa mendirikan suatu badan usaha atau Pendirian Badan Usaha, dibutuhkan beberapa hal yang diantaranya adalah sebagai berikut ini :

a. Memiliki produk atau jasa yang kedepannya akan di perdagangkan atau perjual belikan.
b. Cari penjualan produk atau jasa yang akan di perjual belikan.
c. Menentukan harga pokok serta harga jual untuk produk atau pun jasa yang akan diperdagangkan.
d. Kebutuhan untuk tenaga kerja yang akan di pekerjakan.
e. Organisasi internal.
f. Kebutuhan belanja serta jenis badan usaha yang akan di pilih.

JenisĀ  – Jenis Badan Usaha Yang Berada di Indonesia

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Badan Usaha Milik Negara atau sering disingkat BUMN adalah suatu badan usaha yang keseluruhannya atau sebagian dari modalnya berasal dari pemerintah serta pegawai yang bekerja di BUMN yang memiliki status sebagai pegawai negeri.

Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Badan Usaha Milik Swasta atau BUMS merupakan suatu badan usaha yang didirikan oleh seseorang maupun kelompok swasta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WhatsApp WhatsApp us